Cara Mendengar Sebuah Tulisan

Cara Mendengar Sebuah Tulisan

By. Tpj



 

Cakmin yakin, sebagian sobat mikir pasti berpikir ini adalah sebuah tulisan sastra indah dengan tata bahasa bagaikan sebuah puisi, dan menggunakan diksi yang penuh emosi. Namun maaf jika sobat mikir kecewa. Judul kali ini memang literaly tentang bagaimana cara kita untuk dapat “mendengarkan” sebuah tulisan yang ingin kita pahami.

Pernah gak, sobat mikir ingin membaca sebuah artikel, berita, cerita, bahkan link sebuah web karena hal tersebut penting, namun masih ada kegiatan lain yang harus dilakukan? Misal kita ada tanggungan harus mengerjakan pekerjaan domestik seperti menyapu, mengepel, cuci piring, dls. Atau mungkin yang udah berkeluarga seperti cakmin yang ingin bisa baca tapi harus jaga anak?

Sepertinya ga mungkin banget bisa baca kan? Secara, membaca harus dengan posisi tenang, penuh kefokusan dan utamanya harus menggunakan indera pengelihatan untuk dapat memahami tulisan tersebut. Tapi tenang sob, kali ini cakmin akan berbagi cara gimana kita tetap bisa membaca walaupun tangan dan mata kita sibuk dengan aktifitas lain.

Teknologi Text to Speech (TTS)


 Adalah sebuah teknologi “Text to Speech (TTS)” atau jika diartikan bebas adalah mengkonversi teks menjadi sebuah fonem atau ucapan, teknologi ini yang kerap digunakan oleh saudara kita Tuna Rungu dalam mengatasi hambatan dalam kemampuan indra pengelihatan. Tanpa melihat mereka tetap dapat memahami apa yang ada dalam sebuah tulisan pada gawai, karena teks yang ada tidak dapat di konversi menjadi huruf braile sebelum proses pencetakan.

Ada berbagai macam aplikasi yang menggunakan sistem TTS ini. Pada perangkat PC ada beberapa nama software yang bisa sobat mikir gunakan seperti:
1.    Acapela Box
2.    Balabolka
3.    Listening Media

Bagi kamu yang ingin portable, ada juga kok aplikasi yang dapat di-instal pada HP kamu, baik yang menggunakan iPhone maupun Android. Berikut beberapa list aplikasi yang bisa kamu download dan install ke HP kamu.
1.    FullReader
2.    Google Translate
3.    iSpeech
4.    ClaroPDF
5.    Talk For Me
6.    Text to Speech
7.    Talk FREE
8.    Speech Central
9.    Narrator voice
10.    @Voice

Dan masih banyak lainnya dengan berbagai fitur dan tampilan. Tapi aplikasi yang sedang digunakan oleh cakmin adalah @voice. 

Cara kerja aplikasi ini juga tergolong mudah, kita tinggal copy text atau link yang ingin dimasukkan ke dalam aplikasi, dan paste di aplikasi tersebut. Oh iya, umumnya teknologi TTS ini sudah support dengan bahasa Indonesia loh, dengan berbagai jenis suara yang bisa dipilih baik suara lelaki, perempuan, alto hingga bariton. Kecepatannya juga dapat diatur mau cepet seperti orang yang sedang nge-rap atau mau pelan seperti dengar cerita nenek.


Kelebihan

Karena cakmin sementara hanya paham aplikasi @voice, cakmin me-review kelebihan dan kelemahan berbasis pada aplikasi @voice aja ya walaupun kemungkinan aplikasi lain juga memiliki fitur yang serupa.

Selain membuat kamu hands & eye free (maksudnya ga perlu pegang buku dan baca) aplikasi ini dapat membuatmu membaca banyak hal seperti:

  • Mengkoreksi tulisan dari salah ketik atau typo

Karena fokus aplikasi ini ada pada teksnya. Jika ada kesalahan penulisan atau typo akan sangat mudah diketahui. Semisal saya ingin mengetik organisasi tapi yang ter-ketik adalah organisai maka pelafalan juga akan sangat berbeda, sehingga dari situ mudah untuk mengetahui kesalahan dari sebuah tulisan.

  • Facebook post

Biasanya cakmin gunakan untuk membaca postingan yang panjang nih, seperti cerita-cerita yang ada di grup KBM (Komunitas Bisa Menulis) selain menikmati cerita atau opini yang disampaikan anggota grup, cakmin juga mudah dalam mengetahui ada typo atau tidak dalam tulisan tersebut. Teknisnya, cakmin masuk ke aplikasi Facebook yang full (bukan yang lite) klik tahan tulisan tersebut, lalu pilih salin.

  • Thread Twitter

Postingan di twitter umumnya pendek-pendek, dan jika ingin panjang umumnya kita menyambungkan twit satu dengan lain yang umumnya disebut dengan Thread / Utas. Untuk membaca thread/utas ini, biasanya cakmin membaca lewat aplikasi browser dan bukan langsung dari twitter sendiri, melainkan lewat situs threaderapp dimana semua tulisan sudah di-rolling (dikumpulkan) menjadi satu halaman utuh, tinggal copy deh text-nya.

  • Link web/blog

Semakin kesini lingkungan cakmin lebih luas, mulai banyak kenal dengan blogger yang aktif menulis. Untuk membaca link dari web atau blog kawan malah lebih mudah, tinggal copy link-nya saja. Praktis kan?


Kelemahan

Tak ada gading yang tak martin (eh, tak retak). Walau sangat mempermudah kita dalam membaca, ada kok kelemahan yang  cakmin rasa pas menggunakan aplikasi ini antara lain:

  • Tidak dapat mengkoreksi tanda baca.
  • Tidak dapat mendeskripsikan gambar atau mengubah gambar menjadi teks yang dapat dipahami.
  • Tidak dapat digunakan untuk membaca teks yang ada di buku online seperti pinjam di iPusnas.
  • Tidak dapat digunakan untuk blog walking. Khusus untuk poin ini, cakmin ragu karena walaupun aplikasinya dapat membaca sebuah link. Alogaritma google apakah membaca ini sebuah bouce rate atau bukan.


Yah, walaupun ada berbagai kelemahan. Menurut cakmin aplikasi ini sudah sangat menolong sekali. Karena cakmin butuh banyak sekali membaca bahan bacaan untuk memperkaya diri dengan berbagai jenis bacaan karena sedang upgrade diri di bidang menulis.

Kesimpulan

Gimana sobat mikir, keren kan cara mendengar sebuah tulisan? Kalau cakmin sih sangat terbantu sekali, buktinya hampir setiap membaca, cakmin menggunakan aplikasi ini karena harus juga mengerjakan berbagai kesibukan yang ada.

Apa kamu juga pingin bisa menggunakan aplikasi ini seperti cakmin? Silahkan komentar di bawah ya, minimal ada 10 komen aja deh, nanti cakmin buatkan tutorialnya.





Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

32 Comments

  1. Masya Allah keren tulisannya, asyik di baca juga bagi yang awan kayak aku. boleh di bagi kak cara menggunakan aplikasinya. Ditunggu tulisan lanjutannya kak... 😊

    ReplyDelete
  2. Waaah... Membaca ini aku jadi bisa mendengar tulisan juga kak..

    ReplyDelete
  3. Baru tau aplikasi ini, mantaaaap kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga semakin bantu menambah jam baca

      Delete
  4. Habis baca, langsung praktek dong, hehe

    ReplyDelete
  5. Cocok nih cak, apalagi cra ku nangkep info itu lwat mendengar

    ReplyDelete
  6. Mantap sih ini, ga ada lagi alasan ga ada waktu buat baca, karena bisa disambil pekerjaan lain. Dan berguna banget buat saya yang anak audio banget hehe. Makasih Mas, keren tulisannya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih makasih, langsung praktek ya sob. :D

      Delete
  7. baru tahu nih ada teknologi text to speech, good information.. thank you :)

    ReplyDelete
  8. Puji Tuhan, ada tulisan keren ini. Terima kasih, Kak. πŸ™πŸ˜Š

    ReplyDelete
  9. Demi apa, baru tau ada aplikasi beginian. Selama ini punya problem yang sama ketika pengen baca ebook tapi harus ngerjain kerjaan rumah...
    Wahyu.... Harus di coba nihhh

    ReplyDelete
  10. Baru tau ada aplikasi beginian..
    Biasanya cuma tau google text to speech doang..

    ReplyDelete
  11. Makasih kak. Informatif sekali tulisannya. Saya juga baru ngerti kak sama aplikasi itu.

    ReplyDelete
  12. Kok aku masih belum paham yah. Kudu dipraktekin biar paham. Kalo di hpku adanya text to speach, bawaan perangkat sih dan aku nggak pernah dan nggak tahu cara kerjanya. Hehe

    ReplyDelete
  13. Baca ini auto liat di playstore cobaa...Baru tahuu. Terima kasih infonya Kak. Keren.

    ReplyDelete
  14. wah saya kira ini tulisan tentang sastra :'v ternyata tentang teknologi heuheuheu. tapi keren nih informasinya. BTW favorit saya suara seksi mbak google translate heuheuheu

    ReplyDelete
  15. Waaa, baru tau ada aplikasi kayak gini, keren banget kak❣️

    ReplyDelete
  16. Jadi inget suara navigator google map yang sering membuatku tersesat. Hehe, salam odopers kakak.

    ReplyDelete
  17. Wah mau lah. Untuk moment-moment boring hehhe.

    ReplyDelete
  18. ahhhh, aku salfok.. tadinya aku kira mendengar dalam arti suara tulisan... ternyataaaa aplikasi, aniway aku jg baru tau nih.. thanks fyi

    ReplyDelete
  19. Aku baru tau juga aplikasi ini, nanti buatin tutorialnya ya.. biar makin produktif biarpun sibuk ngasuh hihi

    ReplyDelete
  20. cakep kak, tulisannya.
    Ini berguna bangettt...
    Biasanya kalau di Jerman, saya beli hΓΆrbuch atau buku yang sudah dibacakan ulang oleh narator. Ngga kepikiran yang seperti ini.

    ReplyDelete
  21. Aku baru mau bilang kereeennn tapi gak jadi kak, soalnya gak bisa buat BW 😁 oiya, ada juga aplikasi sebaliknya loh Cak, Speech to text biar gak susah-susah ngetik, jadi ngetik sendiri keyboardnya, ihhh serem juga yak πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah coba bisa kok, nambah statistik kunjungan, tapi ya emang ga bisa buat isi komen sob. Ya tinggal kalau pengen komen buka link tinggal komen ga usah baca ulang :D

      Delete
  22. waw, baru kepikiran setelah baca ini. Ada cara begitu ya ternyata, hehe. Makasih infonya Kak!

    ReplyDelete