Menjadi Manusia Beruntung (part 2)

Menjadi Manusia Beruntung (part 2)

By. TPj


Halo, halo sobat mikir, gimana kabarnya? Semoga senantiasa sehat selalu sekeluarga (aamiin)
Pasti pada bingung ya? Ini kok udah part dua aja, part 1 mana? Bener sob, part 1 masih under construction. Mengingat kondisi cakmin yang hanya bisa ketik ketika malam. Karena pagi sampai malam dipakai istri untuk kerja, makanya cakmin harus pinter-pinter atur waktu buat menulis artikel.

Dari awal pengennya idealis, ada landasan teori dulu gitu dan apa aja variabel yang bisa dipake buat rumuskan strategi buat sukses di ODOP8 ini yaitu menulis 40 hari tanpa jeda dengan ada 1 tugas wajib dengan deadline Jum’at 11 Sept jam 18.00 salah strategi atur waktu juga sih cakminnya ini.

Nah, kebetulan tugas wajibnya pas dengan tema ini sob, yaitu :
1.    Menuliskan strategi untuk dapat lulus ODOP8
2.    Harapan saya terhadap komunitas ODOP8
Berhubung part 1 butuh waktu juga untuk menuliskan, maka part 2 dulu deh yang dijawab. Apa? Apa? Ada yang bilang cakmin nge-les? Waduuh, ini buktinya cakmin udah buat outline buat part 1. Santai ya sob.

Oke, langsung aja ya, dari variabel yang kita dapat dari teori kemarin kita masukkan kedalam strategi cakmin. Yaitu:

Variabel dalam merumuskan strategi

Big Why

Cakmin harus punya alasan yang kuat untuk bisa menuntaskan kelas ini. Untuk itu cakmin membagi menjadi dua besaran mulai dari reward dan punishment. Berikut detailnya:

Reward

Disini cakmin fokus menjawab a) mengapa harus bisa menulis? b) mengapa harus di ODOP

1.    Besarnya dampak menulis bagi misi Khalifah Fil Ard

Sebagai seorang hamba, cakmin harus selalu ingat bahwa kita diturunkan di dunia membawa misi Khalifah Fil Ard, dengan melakukan perbaikan di masyarakat, di segala bidang, lewat organisasi ber-visi pembangunan masyarakat.

Oleh karenanya, jika kemampuan cakmin tinggi dalam salah satu bidang, maka peran yang akan dapat diberikan untuk proses perbaikan akan jauh lebih signifikan, yang berarti semakin besar mengumpulkan bekal untuk dapat membeli tiket masuk surga-Nya.

Selain ada keminatan dalam hal menulis, cakmin mengukur bahwa menulis inilah yang sesuai dengan kapasitas baik waktu, tenaga dan pikiran yang masih bisa dimiliki cakmin untuk dapat dikembangkan menjadi lebih baik.

2.    Besarnya peluang pengembangan dari kemampuan menulis

Menurut cakmin, menulis merupakan pondasi dari banyak karya yang berhubungan langsung dengan penikmat karya. Tidak hanya terbatas pada karya tulis/aksara, namun berbagai bidang lain juga membutuhkan. Seperti :
-    Perdagangan (kebutuhan copywriting/kontent writing)
-    Stand up comedy (saya tahunya dari program pencarian bakat di stasiun TV Ikan Terbang waktu Raditya Dika melakukan evaluasi)
-    Komik
-    Perfilman
-    Theaterikal
-    Dan lain sebagainya


Oleh karena besarnya peluang yang bisa dikembangkan dari kemampuan dasar menulis inilah, cakmin mendapat big why. Investasi (finansial) paling murah, namun peluang untuk mendapat keuntungan yang luar biasa besar.

3.    Provitable

Dengan berbagai peluang diatas, cakmin menilai semua itu dapat di-kurs kan dengan uang baik secara langsung (fee, gaji, donasi) maupun secara tidak langsung (pendapatan dari iklan jika memasang ads di blog, aplikasi cerbung KBM apps, joylada dls)
 
Mengapa provit ini penting, karena selain bermanfaat untuk kelangsungan hidup keluarga cakmin. Ketika dapat banyak juga bisa digunakan sebagai sarana

4.    Ilmu dan pengondisian Gratis

Tak dipungkiri, cakmin belum menemukan selain di ODOP ini yang memberikan ilmu dan pengondisian yang gratis. Oleh karenanya cakmin merasa harus memaksimalkan apa yang ada disini.

 

Punishment

1.    Di depak dari kelas ODOP dan kehilangan itu semua. Bye-bye peluang pengembangan diri dan segala dampak positifnya. Benar sih, bisa daftar lagi tahun dapan, tapi hal tersebut berarti kerugian karena harus membayar dengan waktu yang lama untuk dapat ikut lagi.


2.    Kehilangan biaya investasi personal. FYI cakmin di awal kelas langsung melakukan investasi pembelian domain untuk blog ini. Walau tidak besar bagi sebagian orang, tapi menurut cakmin termasuk berharga dan sayang kalau investasi tersebut terbengkalai dan menguap begitu saja.
Itulah daftar big Why yang sudah cakmin rangkum agar tetap dapat sukses hingga akhir di kegiatan ODOP8 nantinya.

Manajemen

Target

1.    Menulis harian sebagai kepribadian.
2.    Berkembangnya Ilmu Kepenulisan.
3.    Memiliki pengondisian yang kondusif dalam menulis

Strategi.

1. Konsisten menulis setiap hari, selain agar lulus ODOP juga insyaAllah akan terbentuk sebuah kepribadian menulis setiap hari.
2. Menyelesaikan pra kepenulisan sebelum Hari H deadline, dan sebisa mungkin sudah mulai menulis sebelum hari deadline.

a.    Membuat kumpulan list tema yang akan ditulis
b.    Mempersiapkan bahan mengenai tema dari bahan yang akan ditulis
c.    Membuat konsep kepenulisan

3.    Menjaga kesehatan fisik dan psikis ketika menulis.
4.    Mengikuti program sampingan dari ODOP utamanya bersifat primer untuk kepenulisan.
5.    Selalu melihat list artikel di grup link, dan harus ikut menjadi salah satu yang berkontribusi untuk mengirim link di dalamnya. (pengondisian)
6.    Tidak membuka aplikasi refreshing yang membuat lupa waktu (game) yang tidak berhubungan dengan dunia kepenulisan. Khusus untuk komik online masih diperbolehkan karena dapat menganalisa proses pembuatan sebuah cerita.

Scheduling

1.    Harian

a.    Membuat pra kepenulisan sebelum jam 9 malam
b.    Jam 11 malam maksimal memulai melakukan kepenulisan.
c.    Minimal membaca (mendengar) 3 artikel dari kawan dan 3 cerita dari grup FB KBM atau thread twitter
d.    Wajib mengikuti program tambahan untuk menunjang kepenulisan, minimal ikut grup agar dapat membaca ulang ketika sudah luang.
e.    Opsional mengikuti program tambahan yang kurang berhubungan dengan kepenulisan

2.    Mingguan

Senantiasa melakukan evaluasi proses dalam seminggu, dicari penyebabnya dan merumuskan strategi baru jika perlu.


Controling

1. Membuat tabel pencapaian harian, nanti akan menggunakan aplikasi to do list dari HP untuk mempermudah
2. Rutin menulis apa saja kendala untuk menjalankan list tugas.


Begitulah sobat mikir, strategi cakmin agar dapat sukses dalam membentuk kepribadian menulis setiap hari. Doakan cakmin agar dapat istikomah sampai akhir ya sob. Semua perencanaan diatas akan percuma jika tidak sungguh-sungguh dan bersabar dalam merealisasikan sampai akhir.
 

Terakhir, bagi cakmin apa yang sudah ada di grup ODOP ini sudah sangat bagus, melebihi ekspektasi malah. Tinggal kedepan semoga masing-masing dari kita bisa memberi masukan kepada tulisan-tulisan kawan kita yang lain, sehingga terus dapat menjadi lebih baik bersama-sama.
 

Gimana sobat mikir, cakmin udah buktikan kalau cakmin bisa merumuskan rencana untuk menjadi orang yang beruntung, karena insya Allah akan menjadi lebih baik dalam dunia kepenulisan, sekarang giliran kamu juga ya, rencanakan keberuntunganmu sekarang juga.

Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

0 Comments