Minta Jatah (Behind the Screen)

Minta Jatah (Behind the Screen)

by. TPj


 

Alhamdulillah, akhirnya pecah telur juga tulisan pertama cakmin dalam bentuk fiksi. Sungguh benar-benar sangat sulit menurut cakmin, karena ini kali pertama menulis sebuah cerita yang biasanya kalau bukan tutorial, ya tentang sesuatu yang ilmiah.


Benar-benar tantangan untuk dapat menyelesaikan tulisan ini karena masuk dalam dunia baru. Ya, dunia yang penuh dengan emosi, dituntut untuk menggiring pembaca untuk memahami sekaligus merasakan apa yang ada dalam sebuah cerita.


Ketika menulis ini cakmin harus berpikir ekstra waktu menulis, selain harus memikirkan tujuan tulisan, cakmin juga harus menciptakan tokoh-tokoh yang harus dimainkan dengan apik agar tercipta sebuah cerita yang mengalir dan mencapai tujuan awal.


Tak hanya tokoh, ternyata juga harus membuat latar yang menunjang agar cerita tersebut bisa di indra oleh sobat mikir.  Tentunya juga skenario-skenario yang dibuat untuk membangun premis-premis agar mencapai emosi yang diinginkan. 


Kalau boleh share nih, ini konsep yang cakmin buat sebelum benar-benar menjadi tulisan jadi. 

Gb. 1 Outline ide secara keseluruhan
Gb.2 Detail konsep umum
 

Detail konsep khusus

Mulai dari bagaimana tujuan cerita ini, variabel-variabel yang akan dimainkan agar tampak hidup. Juga sekenario yang diinginkan mencapai tujuan. Dan ketika masuk dalam cerita, cakmin harus bolak-balik buka aplikasi KBBI untuk sekedar memastikan diksi yang digunakan sudah tepat atau belum.
 

Fiuuh …
 

Sungguh pengalaman pertama yang tak terlupakan. Dan sepertinya kedepan harus terus dibiasakan agar bisa membuat karya yang semakin bagus.
 

Oh iya, boleh ga cakmin buat survei singkat? Jika sobat mikir berkenan aja sih.

  1. Ide cerita, udah mainstream ga sih?
  2. Skenario, kena ga jebakan plot hole dari cakmin?
  3. Teknik membangun premis, ada plot hole ga?
  4. Teknik pembuatan cerita, ada yang keliru atau bisa ditambahkan?
  5. Kritik / saran lainnya kalau ada. Hehehe…

 

Udah gitu dulu aja, makasih banyak ya buat sobat mikir yang mau komen di bawah. Semoga sehat selalu, dan bisa terus berkarya.

Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

0 Comments