Cara Menambah Facebook Comment untuk Blogger dengan Notifikasi Part 1

Cara Menambah Facebook Comment untuk Blogger dengan Notifikasi Part 1

By. TPj


Nilai Penting Facebook Comment

Assalamualaikum Sobat Mikir sekalian, gimana kabarnya? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga (aamiin)

Catatan : Jika Sobat Mikir ingin langsung ke langkah-langkah detailnya silahkan klik link Part 2

Berawal dari seorang kawan yang tidak terbiasa untuk melakukan blogging. Namun ketika dirinya mengunjungi blog, merasa kesulitan untuk mengomentari artikel yang ada. Dirinya keberatan karena harus mengisi email dan password jika ingin memberi komentar pada artikel tersebut.

“Duh, ribet ya? Apa tidak ada cara yang lebih mudah untuk berkomentar?” Dari situ, cakmin jawab “Ya ada, beberapa web terkenal sekarang menggunakan facebook comment plugin sebagai ruang untuk berkomentar pengunjungnya”. Nah dari situ juga, tercetus ide untuk ber-eksperimen memasang plugin tersebut dan membuat tutorialnya.

Namun, sebelum masuk ke langkah-langkah detail. Berikut cakmin mengumpulkan beberapa kelebihan dan kelemahan sehingga betapa penting jika kita bisa memasang plugin Facebook Comment di blog yang kita kelola.

Kelebihan

  1. Hampir semua orang memiliki akun Facebook.
    Jaman sekarang, siapa sih yang tidak punya akun FB? Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa, mayoritas memiliki. Bahkan merambah pada beberapa warga yang berusia senja. Karena sudah banyak digunakan oleh segala kalangan, maka akan mempermudah orang untuk melakukan komentar pada blog yang kita miliki jika komentarnya berbasis akun FB.

  2. Tampilan yang Friendly dan Mudah digunakan.
    Masih berhubungan dengan poin di atas, karena mayoritas orang memiliki akun FB, maka mereka umumnya sudah familiar dengan tampilannya sehingga tidak adanya kesulitan jika mereka ingin berkomentar atau me-like komentar pengguna FB lain yang ikut mengomentari artikel kita.

  3. Mengurangi spam comment dan menjaga kualitas komentar.
  4. Untuk hal ini berhubungan dengan fitur moderasi yang ada di Plugin Comment FB yang akan kita gunakan, karena pada fitur moderasi kita tidak hanya bisa menghapus post yang ada, tapi juga bisa mem-blacklist akun dari komentator yang bersifat merugikan blog kita seperti memberi link hidup atau bersifat spam.

  5. Menambah Traffic Blog kita.
    Tahukah sobat, jika mesin pencari khususnya Google juga melakukan pengindeks-an konten hingga Facebook Comment? Artinya adalah, jika sebuah blog menerima semakin banyak komentar, maka mesin pencari akan meningkatkan konten ber-komentar dan menambah tingkat pada mesin pencarian. Sehingga besar kemungkinan traffic blog kita akan semakin tinggi.

  6. Dapat menambah moderator untuk mengatur komentar yang masuk.
    Ini juga merupakan salah satu fitur moderasi, jika blog kita sudah besar, dan kita memiliki admin, maka admin kita juga dapat berfungsi sebagai moderator, tanpa harus menggunakan akun blogger kita. Hal ini akan mencegah penyalahgunaan blog pada hal yang tidak kita inginkan.

Kelemahan

Dengan sebegitu banyaknya “wah” yang kita dapat jika memasang plugin comment FB, tentunya ada kelemahan yang harus dibayar. Namun cakmin melakukan list, hal tersebut hanya pada effort kita yang harus lebih besar dalam proses memasang plugin ini karena saking panjangnya.

Proses memasukkan sangat panjang.

Butuh kesabaran yang ekstra


Penutup

Jadi ingat sebuah quote dari materi yang cakmin sebelumnya nih, dan materi tersebut cukup relate dengan postingan kali ini.

Perlakukan karyamu seperti anak sendiri

Blog kita adalah rumah dari karya-karya kita, semakin baik pengaturan rumahnya, semakin nyaman pula apa yang ada di dalamnya. Bukankah kita menulis untuk mendapatkan pembaca yang merasakan manfaat atau minimal kita mendapat feedback dari mereka?

Sudah siap untuk memasang pluginnya sob? Yuk, langsung ke bagian tutorial atau part-2

Referensi

www.pitiya.com/

Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

0 Comments