Hilang Thumbnailku, Hilang Sebagian Peluangku

Hilang Thumbnailku, Hilang Sebagian Peluangku

By. TPj


Assalamualaikum Sobat Mikir sekalian, gimana kabarnya? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga (aamiin)

Dengan berat hati, postingan yang sudah sebelumnya dibuat dengan susah payah akhirnya ditarik dulu. Ya, postingan tentang bagaimana memasukkan plugin FB Comment sebelumnya memang sukses memunculkan FB Comment di postingan blog cakmin, namun ternyata memberi dampak yang belakangan baru disadari yaitu hilangnya gambar thumbnail dari sebuah postingan ketika link dibagikan terutama jika menggunakan media whatsapp.

Tutorial sebelumnya membuat thumbnail hilang

Oke, sebelum melanjutkan mungkin beberapa belum tahu apa itu thumbnail dan betapa pentingnya si thumbnail ini. Kalau diibaratkan sebuah buku, thumbnail ini seperti cover dari postingan kita. Thumbnail akan baru muncul ketika kita memasukkan sebuah gambar di dalam sebuah artikel blog. Mayoritas template blog menggunakan thumbnail sebagai alat untuk menarik pembaca. Dan mayoritas template memilih gambar paling awal (atas) untuk dijadikan thumbnail dari sebuah postingan.


Betapa Pentingnya Thumbnail

Walau ada kiasan don’t judge book by cover, nyatanya manusia memang melihat dulu secara visual. Dari situ dirinya memutuskan tertarik atau tidak membaca lebih banyak. Sebenarnya ada alasan yang logis yaitu kita sedang berada di dunia maya (baca: online), barang yang kita jual tidak dapat diindra secara sentuhan. Sehingga foto atau gambar yang mewakili produk kita (bersamaan dengan judul) akan menjadi titik awal mengambil atensi (perhatian) dari calon pembaca.

Itulah mengapa banyak website dan blogger profesional selalu mencantumkan gambar untuk thumbnail mereka, karena memang hal tersebut sangat bermanfaat untuk menarik orang untuk membaca. Kecuali sobat mikir membuat blog bukan untuk dibaca orang lain, tapi sekedar untuk menyimpan kenangan curhatan untuk dibuka sendiri nantinya. (yaa kan ada aplikasi word, note dan lain-lain? Eh tapi terserah si pengguna blog juga sih. Hehe)

Perjuangan untuk mengembalikan Thumbnail

Sempat sangat bingung, sih awalnya gimana cara mengembalikan thumbnail. Secara, cakmin bukan orang yang mengambil Prodi IT ketika belajar dulu. Kode blog merupakan dunia baru untuk cakmin. Tapi dasarnya memang orang kepo. Satu-satunya yang bisa digunakan hanyalah internet dan laptop yang ada. Oke, kita lanjutkan perjuangan ini.

Untungnya, sebelum pasang plugin sebelumnya cakmin sudah menyiapkan backup sehingga restore dan coba lagi adalah jalan ninjaku. Berulang kali gagal, dan restore hingga menemukan formulasi yang tepat tentunya dengan perjuangan karena harus betah-betah membaca berbagai macam referensi yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris (alhamdulillah, ga jelek-jelek amat kemampuan Bahasa Inggrisnya cakmin) sekaligus melakukan praktek.

Terhitung 2 malam sudah mencari dan mencoba, hingga menemukan formulasi cara yang tepat. Dan ternyata bukan murni dari tutorial yang diberikan, namun hasil trial and eror berulang tersebut dari tutorial yang ada, yang kesimpulannya adalah menghilangkan beberapa langkah yang diberikan. Namun dari situ, muncul kepuasan batin karena berhasil setelah berjuang habis-habisan sebelumnya.

Tak hanya bisa memunculkan thumbnail lagi ketika share link, namun cakmin mendapat bonus bisa mengutak-atik template yang sudah ada dan memberi beberapa CTA (call to action) untuk menambah performa blog yang sekarang dikelola.

Memunculkan Goal kecil lainnya.

Kesuksesan sebelumnya dalam menutak-atik template blog seperti yang diinginkan. Tentunya tidak membuat cakmin berhenti, namun hal ini memberikan to do list berikutnya yang ingin ditambahkan dalam blog yang sedang dikelola. Walaupun pasti akan bergelut lagi dengan referensi dan Kode Template pastinya serta menimbulkan dampak waktu yang harus diluangkan lebih untuk melakukan eksperimen tersebut, hal ini takkan pernah menyurutkan semangat untuk tetap berusaha untuk dapat mengembangkan diri ke arah yang lebih baik.

Kalau sobat mikir, sudah pernah otak-atik blognya? Seru loh, tapi tenang aja. Selama sobat menyiapkan backup, insya Allah pasti bisa balik normal kok. Yuk cobain fitur blogmu.

Catatan : Untuk tutorial yang ditarik, akan dipublish setelah melakukan proses perbaikan.

 

Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

0 Comments