Korea Atau Nusantara Part 2 - Perubahan Strategi Sedap

Korea Atau Nusantara Part 2 -

Perubahan Strategi Sedap 

By. TPj



 
Assalamualaikum Sobat Mikir sekalian? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga (aamiin)

Sobat mikir, masih ingat ga postingan cakmin beberapa hari lalu? Tentang pertarungan dua industri mie instant menggunakan brandingnya masing-masing? Ya di postingan dengan tajuk Korea atau Nusantara, Kamu Pilih Mana?  Pada artikel tersebut cakmin sudah mengulas tentang bagaimana mereka bertarung untuk memperebutkan pasar, walau tidak tampak riil seperti medan perang di film Saving Private Ryan. Tapi dari sudut pandang pemasaran, cakmin benar-benar merasakan kuatnya pertarungan dua raksasa besar ini.

Sekilas tentang pertarungan dua raksasa besar ini sebelumnya, mereka sama-sama menggunakan strategi Blue Ocean, dimana mereka menciptakan pasar mereka masing-masing menggunakan branding dari produk yang mereka miliki. Indomie membranding diri dengan rasa Nusantara, sedangkan Mie Sedap membranding diri menggunakan rasa Korea. Dengan begitu mereka memiliki nische pasar masing-masing yang suka korea akan memilih mie sedap. Sedangkan rasa nusantara akan memilih indomie. Walaupun begitu, ternyata status market leader tetap dipegang oleh Indomie.

Namun kemarin cakmin menemukan hal yang berbeda, cakmin melihat pertama kalinya ada yang berbeda dengan iklan Mi Sedap. Ya, mereka tidak lagi menggunakan Siwon Choi untuk menjadi brand ambassadornya, melainkan menggunakan wajah baru, Boy William. Ditambah produk baru yang di iklankan adalah mi instan dengan rasa masakan Padang, tak lagi tema Korea. Berikut cakmin dapat videonya dari Youtube :

 

Memang sekelas perusahaan besar idealnya memiliki tim riset tersendiri yang nantinya data yang didapatkan bisa digunakan untuk menyusun strategi pertarungan produk. Implementasinya salah satunya menentukan branding dari produk yang akan dipasarkan. Tapi dari iklan yang ditampilkan ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Sedap sedang mengubah strategi. Entah karena branding nusantara lebih unggul atau ini adalah langkah keputus-asaan karena sudah habis-habisan dalam menyewa Siwon Choi namun tidak dapat menggeser sama sekali posisi sang Juara.

Sekedar informasi ya sob, strategi yang digunakan Sedap kali ini lumrah disebut dengan strategi Red Ocean. Dimana kedua petarung memperebutkan pasar yang sama dan mereka akan berdarah-darah dalam memperebutkannya. Oleh karena itu, umumnya pada pertarungan seperti ini, yang paling siap dan kuatlah yang akan menang. Namun tak menutup kemungkinan, yang lebih kecil tapi tanggap akan situasi dan mampu memanfaatkan keadaan. Maka dialah yang dapat membalik keadaan.

Walau memang posisi pemenang masih kukuh dipegang oleh Indomie, menurut cakmin Sedap harus diacungi jempol. Karena sudah mau berusaha untuk merubah strategi walaupun bagi sebagian besar orang itu adalah langkah yang berpeluang besar malah merugikan. Namun siapa tahu, mereka sudah mempersiapkan rencana cadangan dalam pertarungan kali ini.

Penutup

Sobat mikir, menurut kalian seru ga sih melihat pertarungan mereka? Kalau cakmin sih ngerasa banget hawa saling bunuh dan tikamnya. Sampai-sampai adrenalin cakmin ikut terpompa untuk mengetahui pertarungan ini takkan mudah. Tapi bukannya memang harus begitu kan? Takkan mungkin kita mengharapkan hasil yang berbeda jika yang kita lakkukan hanya dengan cara itu-itu saja. Salut banget untuk Sedap, yang tetap berusaha dengan keras untuk mencoba memenangkan pertarungan.

Kegilaan adalah melakukan sesuatu dengan cara sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil berbeda. – Albert Einstein

Selanjutnya, kita tunggu ya sob, bagaimana reaksi pasar. Sekaligus gimana sang juara Indomie dalam menyikapi perubahan strategi yang dilakukan oleh kompetiornya. Akankah menganggap hal tersebut sebagai angin lalu, ataukah sebuah peluang untuk melakukan serangan total untuk menghancurkan kompetitornya.


Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

2 Comments

  1. semoga ada tulisan produk lain hehehe seru baca perseteruan dunia iklan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh-boleh. Kasih referensi kalau ada ya sob.

      Delete