Mengapa Es Kristal (Tube) Berbentuk Tabung?

Mengapa Es Kristal (Tube) Berbentuk Tabung?

By. TPj

 


Halo Sobat Mikir sekalian, gimana kabarnya? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga (aamiin)

Sobat mikir, pernah tahu kan es kristal? Itu tuh, yang biasa digunakan sebagai bahan untuk mendinginkan minuman yang ada di café atau restoran. Walupun memang beberapa teenant kaki lima juga ada sih yang menggunakan es kristal ini sebagai bahan utama untuk produk mereka.

Es kristal ini, sering di claim paling higienis dan aman bagi kesehatan. Karena selain air yang digunakan bahan baku memang berasal dari sumber mata air pegunungan, proses penyaringan atau filtrasinya juga berlapis-lapis mulai filter mekanis (memfilter zat yang nampak) hingga secara kimiawi (menyaring zat-zat kimia yang berbahaya). Oleh karena itu, sering kali es kristal berbentuk bening dan tranparan. Karena telah melalui proses filtrasi yang lengkap sobat.

Tapi pernah kepikiran ga sih? Mengapa es kristal kok berbentuk tabung-tabung gitu? Kan lebih banyak kalau kaya es rumahan gitu? Bentuknya solid dari depan sampai belakang baik itu dicetak pakai rak bawaan dari lemari pendingin/kulkas, ataupun yang dicetak menggunakan plastik.

Eits, ternyata ada alasannya loh sob. Mengapa bentuknya seperti tabung. Karena proses pembuatan es ini menggunakan mesin, dan prinsip yang digunakan adalah perpindahan kalor secara konduksi (lewat zat padat secara langsung). Secara prinsip, mengapa menggunakan bentuk tabung? Agar mempercepat proses pembentukan es. Lebih lengkap jawabannya ada pada rumus laju perpindahan kalor secara kontinyu[1].


Keterangan : Q/t = laju perpindahan kalor, k = konduktivitas termal, A = luas penampang, T1 = suhu tinggi, T2 = suhu rendah, l = panjang benda.

Cara membaca rumus diatas adalah, Kecepatan perpindahan kalor atau di kasus kita adalah kecepatan pendinginan akan dipengaruhi faktor :

  • Seberapa bagusnya bahan yang digunakan untuk menyalurkan panas (atau kasus ini adalah dingin) ke air. Semakin tinggi koevisiennya semakin baik.
  • Seberapa luas penampang yang bersinggungan antara zat padat tersebut dengan media air yang ingin dibekukan. Semakin luas permukaan semakin baik.
  • Seberapa dingin suhu awal yang untuk mencapai titik beku (0 derajat). Semakin dingin awalnya semakin baik.
  • Ditambah dengan seberapa panjang bahan yang digunakan untuk mendinginkan air. Semakin pendek semakin cepat.

 

Ternyata jika kita mencari data tentang kemampuan mesin dari es kristal (tube) ini akan selaras dengan rumus di atas. Yaitu sebagai berikut :

Fitur Mesin Es Kristal[2]

  • Ukuran Es Kristal : Φ26, Φ28, Φ30mm, Φ34mm dengan panjang berkisar antara 27 ~ 50mm.
  • Evaporator : bejana tabung, bagian atas dan bawah dilas dengan penyambungan berkualitas.
  • Program : PLC Logic Controller
  • Rotating Driver Ice Cutter : 304 stainless steel Ice Cutter Blade dijalankan menggunakan gear motor kecepatan sedang.
  • Operator : Penggunaan mesin tidak memerlukan pekerja terampil karena pengoperasian mesin menggunakan teknologi canggih dengan perawatan minimal
  • Kualitas : Tabung es tebal dan transparan, dengan waktu penyimpanan lebih lama, tidak mudah mencair dan ventilasi yang baik.

 

Spesifikasi Peralatan Mesin Es Tube

  • Suhu Inlet Air Bahan Baku : Bisa Disesuaikan
  • Suhu Evaporasi : -10 s/d -15° Celcius
  • Suhu Kondensasi : 40°Celcius
  • Refrigerant : R404a
  • Cycle Time Proses Es Tube : 22 – 27 menit (Disesuaikan dengan diameter hole es tube)
  • Operational Mesin : Automatic PLC Control
  • Diameter Es Tube : 20 – 40 mm (bisa disesuaikan dengan permintaan)
  • Diamater Hole Es Tube : 5 – 10 mm (bisa disesuaikan dengan permintaan)
  • Power Tegangan Listrik : 220 Volt 1 Phase & 380 Volt 3 Phase


Data yang kita butuhkan adalah Diameter Es Tube, Diameter Hole Es (ukuran bagian dalam), serta panjang dari es. Serta kecepatan proses yaitu 22-27 menit. Hal ini akan selaras dengan rumus yang ada di atas.

 

Kesimpulan.

Dari proses analisa rumus dan mesin yang yang kita gunakan, mengapa berbentuk tabung dan ukuran esnya tidak terlalu panjang (maksimal ukuran es 5cm) adalah sebagai efisiensi produksi. Agar tidak terlalu lama proses pembuatan es.

Sehingga, jika sobat mikir ingin membuat es di rumah, bisa mengambil prinsipnya yaitu : “jika ingin cepat menjadi es, sebaiknya gunakan cetakan yang kecil tapi banyak, daripada satu tapi dengan ukuran yang besar, dan jika punya bahan konduksi yang baik gunakan sebagai alas atau gunakan di setiap sisi jika memungkinkan”.

Itulah alasan mengapa bentuk es kristal berupa tabung. Hal ini untuk meningkatkan efisiensi dengan minimal sumber daya yang ada. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat mikir sekalian.

Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

3 Comments

  1. beneran disuruh mikir ya kalau mampir kesini kwokwok, tapi membuka mata ku yang selama ini ngiranya bolongan ditengah itu buat tempat sedotan kwokwok atau memudahkan yang suka nyemilin es batu ngambil hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Semoga ga kapok sob diajakin mikir terus.

      Delete
  2. Harus mikir niiih hahaha... Dan aku beneran baru tahu. Kupikir bentuknya gitu karena cetakannya tabung panjang.

    ReplyDelete