Menyiasati Agar tidak Tereliminasi dari ODOP 2020

Menyiasati Agar tidak Tereliminasi dari ODOP 2020

By. TPj

 


Assalamualaikum Sobat Mikir sekalian, gimana kabarnya? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga (aamiin)

Karena masih belum terkenal banget Blog cakmin, masih hanya dilihat orang sekitar ODOP. Maka hari ini cakmin membuat artikel masih tentang sekitar ODOP, yaitu tentang bagaimana kita sebagai peserta ODOP 8 bisa sukses tidak ter-eliminasi di tiap minggunya. Tema ini cakmin angkat karena memang sedih ketika melihat teman seperjuangan dalam memupuk habit menulis gugur satu persatu.

Sebenarnya hal ini bukan ingin menyiasati sistem dalam arti negatif ya sobat, namun di sini cakmin hanya ingin memberikan standar minimal tentang berapa banyak postingan yang boleh telat dalam satu minggunya. Serta apakah wajib kita untuk aktif dalam sebuah forum materi atau event, karena ketika melakukan Blog Walking (BW) cakmin membaca tentang adanya seorang peserta yang memang tidak bisa mengikuti event di malam hari.

Dikarenakan ODOP menggunakan aturan dan berbasis poin. Maka idealnya kita harus merumuskan strategi berangkat dari aturan main juga (per-point-an). Untuk melakukan review aturan, berikut cakmin sertakan sistem poin di ODOP 2020.

… Perhitungan Poin

Kewajiban menulis dan posting setiap hari akan dimulai pada Senin, 7 September 2020 hingga 14 November 2020. Selama mengikuti program ini, peserta berhak mendapat reward berupa poin jika: Menulis setiap hari (tepat waktu) = +2 poin/hari
Bayar utang tulisan= +1 poin/utang tulisan
Mengerjakan tugas wajib= +2 poin/tugas
Hadir dan bertanya ​di kelas materi= +1 poin/kelas materi
Hadir dan bertanya​ di sesi diskusi= +1 poin/sesi


Setiap tujuh hari sekali (satu pekan), akan diadakan rekap poin. Dari poin di atas, jika dilakukan secara ​maksimal ​maka setiap pekan akan diperoleh:

Menulis setiap hari 7x2 poin = 14 poin
Mengerjakan tugas wajib = 2 poin
Hadir di 2 kelas diskusi dan 2 kelas materi= 4 poin
Total: 14+2+4= 20 poin/pekan.

Teman-teman dianggap lulus di akhir pekan dan berhak melanjutkan ke pekan berikutnya jika berhasil ​mengumpulkan minimal 13 poin dalam satu pekan​. Dengan catatan,​ poin menulis selama tujuh hari terpenuhi dan tugas wajib diselesaikan maksimal di akhir pekan​. Jika poin kurang dari itu, maka teman-teman dipersilakan melanjutkan misi di luar komunitas ini. …

Analisa

Dari data di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa poin ter-rendah adalah 13 poin. Idealnya, jika kita selalu tepat waktu menulis artikel (tidak hutang) mendapat 16 poin (2 poin tambahan dari tugas mingguan). Tanpa ikut event malam-pun kita sudah dapat dipastikan akan lolos ke minggu berikutnya. Namun tiada hal yang sempurna, apa yang kita rencanakan bisa jadi hancur berantakan karena ada faktor X, faktor yang tak terduga hingga mudah menghancurkan susunan rencana yang kita buat.

Namun memang begitulah hidup, ketidak sempurnaan dapat berubah menjadi tantangan agar kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Berikut cakmin beri pilihan untuk menyiasati ketika ada faktor x datang dan mengakibatkan kita tidak dapat menulis tepat waktu.

a. Telat menulis 3x (11), mengerjakan tugas (2), tanpa ikut kegiatan malam
b. Telat menulis 5x (9), mengerjakan tugas (2), ikut kegiatan malam (2) à cakmin sarankan, mengikuti kegiatan yang mudah untuk melakukan pertanyaan seperti SJLD dan Bedah Tulisan. Karena jika sobat ikut di materi, kuota pertanyaan sangat terbatas. Sehingga akan sulit mendapat poin di event tersebut.
c. Tidak telat (12), tidak mengerjakan tugas (0), ikut kelas malam (1) à sangat tidak dianjurkan, mengingat tugas merupakan cara kita untuk meng-eksplorasi hal baru yang bisa jadi bermanfaat untuk kita kedepannya.

Mengapa cakmin tidak memberikan opsi tidak mengerjakan tulisan melainkan telat, karena saya yakin semua peserta ingin mendapat kebiasaan yang baik untuk dapat menulis secara konsisten. Jika tidak menulis, dan tidak menganggap ke alphaan sebagai hutang, maka akan membuat kebiasaan tersebut akan gagal terbentuk, dan sia-sialah jika meneruskan untuk mengikuti kegiatan ini kedepan.

Penutup

Begitulah siasat yang bisa sobat gunakan agar tetap dapat survive hingga kelulusan kelak. Cakmin sih selalu berdoa, agar sobat mikir tidak ada yang sampai mendapat masalah hingga menggunakan siasat di atas. Semoga kita sebagai peserta dapat lulus hingga akhir dan mencapai goal kita masing-masing. (aamiin)

Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

1 Comments

  1. Waah yg bener nih cakmin? Aku selama ini ngitungnya 14 poin itu termasuk tugas. Jadi kalau masih mau lulus tanpa ikut event minimal utang sekali aja...

    ReplyDelete