Takut Ketinggalan Golden Time? Yuk Pakai Trik Ini.

Takut Ketinggalan Golden Time? Yuk Pakai Trik Ini.

By. TPj 

Assalamu’alaikum Sobat Mikir sekalian, gimana kabarnya? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga (aamiin)

Sobat mikir lagi jualan produk, branding diri, jual jasa, jual apa aja deh, yang penting lagi jualan? Sobat juga memanfaatkan sosial media juga dong? Secara, ada yang gratis masa ga dimanfaatkan. Betul ga?

Nah, sudah tahu belum ada bermacam trik untuk posting jualan gratis yang efektif di sosial media. Mulai dari Foto Produk yang kece, buat copywriting, dan yang tak kalah penting waktu untuk posting. Namun sesuai judul kali ini cakmin hanya akan membahas tentang waktu untuk posting dulu ya sob.

Apa itu Golden Time?

Golden Time adalah waktu yang paling tepat untuk mengirim postingan yang sudah sobat siapkan sebelumnya. Kalau di dunia per-televisian adalah waktu PRIME TIME, yaitu waktu yang paling bagus untuk memunculkan iklan karena jumlah pemirsa yang sangat banyak.

Logikanya, semakin banyak orang yang melihat postingan yang kita buat, maka semakin besar peluang untuk orang tersebut melihat produk yang kita miliki dan diharapkan akan membeli produk yang sedang kita tawarkan. Oleh karenanya, umumnya para penjual berusaha sebaik mungkin untuk dapat mengetahui kapan dan tidak sampai tertinggal melewatkan waktu yang “tepat” untuk posting ini.

Sebenarnya hal ini banyak bergantung pada pasar yang sobat mikir pilih. Karena sebagai pemasar, kita bergerak berdasarkan perilaku pasar. Namun bukan tidak mungkin kita dapat mengetahui kapan golden time versi produk kita.

1.    Berdasarkan jam biologis umum

Ada beberapa praktisi yang melakukan riset dan merumuskan Golden Time berdasarkan waktu membuka sosmed masyarakat secara umum, yaitu

  • a.       07.00 – 09.00
  • b.       12.00 – 14.00 (jam makan siang)
  • c.       18.00 -  21.00 (istirahat pulang kerja)

 2.   Berdasarkan statistik postingan sebelumnya

Namun kembali lagi, semua bergantung pada pasar. Bisa jadi pasar kita lebih spesifik dan tidak mengikuti standar di atas, lantas bagaimana caranya?

Yaitu dengan menggunakan Insight yang sudah ada pada fitur IG Bisnis. Caranya mudah, sobat mikir tinggal posting dan lihat postingan di jam mana yang statistiknya bagus dari pertama post hingga dapat jumlah like/komen yang tinggi itu pada jam berapa.

 Catatan : walau memang ada beberapa variabel selain waktu (gambar, copywriting dls) kita dapat mengasumsikan jika kualitas varaibel lain sama, maka bisa jadi memang statistik terbagus itulah Golden Time produk kita.

 

Hambatan

Setelah mengetahui, tentang kapan golden time versi produk kita. Selanjutnya idealnya kita tinggal posting sesuai waktu tersebut. Namun tidak semudah itu Esmeralda. Bisa jadi, banyak hambatan yang baik itu memang dari sananya sudah menjadi rutinitas (jam sibuk kerja, jam mengurus anak dls)

Atau juga bisa jadi karena ada hambatan yang mendadak yang memang tidak bisa dihindari. Baik dari sisi internal maupun eksternal, kita kadang sudah berusaha tapi tetap saja ada hambatan yang tak terduga.

Memanfaatkan Schedule Post

Untuk menjawab maslaah hambatan yang terjadi. Sobat mikir bisa menggunakan fitur schedule Post yang ada di web atau aplikasi Facebook Page (yang sekarang menjadi Bussines Suite) fitur ini ada untuk Facebook Fanpage (FP) yang bisa langsung terkoneksi dengan IG Bisnis. Gambarannya seperti kalau sobat posting di IG, nanti bisa otomatis ter-posting di FP.

Namun bedanya, jika kita upload di FP kita bisa memilih fitur publish now atau schedule later, dimana kita bisa memilih kapan kita akan melakukan posting di hari apa dan jam berapa. Ketika FP kita sudah terkoneksi dengan IG. Cukup kirim di FP saja, baik IG maupun FP nanti otomatis ter-posting sesuai jadwal yang sudah kita setting sebelumnya.

Pilihan Post sekarang atau Nanti

Kita dengan mudah atur kapan di posting

 

Trik Tambahan

Masih hangat trik ini cakmin dapat dari WAG tentang mengoptimasi sosial media. Dari grup tersebut cakmin dapat informasi baru bahwa kita dapat memanfaatkan alogaritma FB agar postingan kita tidak tenggelam yaitu dengan adanya interaksi selama 30 menit di awal.

Sehingga, lakukan interaksi di 30 menit pertama. Jika ada yang komen, langsung sobat harus balas. Atau bisa juga bisa menyiasati dengan menggunakan akun kita yang lainnya untuk saling berbalas komen. Selanjutnya post kita akan bisa lebih terlihat bertahap menjadi 30% followers dan akan semakin tinggi kalau interaksi terus meningkat.[1]

Penutup

Bagaimana sobat? Sudah semoga trik yang cakmin susun diatas dapat bermanfaat. Kalau ada pertanyaan atau sudah coba tapi masih bingung. Langsung tulis di komentar ya. Insya Allah cakmin balas secepatnya.



[1] Optimasi Media Sosial www.jeyjingga.com

Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

0 Comments