Yaumul Hisab - Siapa yang akan Gugur?

Belajar Menghitung Point Peserta ODOP Batch 8

By. TPj 

 

Assalamualaikum Sobat Mikir sekalian, gimana kabarnya? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga (aamiin)

Cakmin sekarang sudah masuk minggu ke 8 di kelas One Day One Post loh (alhamdulillah ya Allah). Menurut cakmin, ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Bagaimana tidak? Dari yang sebelumnya hampir tidak pernah menulis selama kurang lebih 4 tahun di depan laptop, 2 bulan lalu dimulai lagi dan dapat konsisten untuk mempertahankan kebiasaan baru yang berat ini.

Yaumul Hisab ODOP

Seperti biasa, kita masuk di hari Senin. Hari dimana kita akan bertemu dengan momen gugurnya anggota yang kurang point dan tidak dapat melanjutkan ke minggu berikutnya. Sedih sih, padahal aturan grup ini sangat mudah. Cukup posting secara rutin dan tepat waktu, sudah otomatis mengantungi tiket untuk lanjut di minggu berikutnya sekaligus mengamankan posisi.

Belum lagi adanya poin tambahan dimana ketika kita mengikuti aktifitas materi dan event rutin akan memberi keleluasaan bagi kita yang mungkin sedang berhalangan untuk dapat menulis tepat waktu. Ah, sebenarnya hampir mustahil jika ada yang bisa gagal untuk bisa dapat lulus sampai akhir jika tidak benar-benar dalam kondisi yang kritis.

Walaupun begitu, menurut cakmin 41 orang dari awal sekitar 55 orang (cmiiw) dan alhamdulillah kalau hasil hitungan cakmin benar, maka minggu ini semua peserta bisa lolos ke minggu berikutnya. Tapi ga semua sih, masih ada 1 orang berada di nilai ambang. Jika dia bayar hutang di hari senin atau pernah dapat point di event yang diadakan minimal satu kali, harusnya dia lanjut.

Penasaran adalah Jalan Ninjaku

Untunglah akhirnya ada link untuk melakukan cek laporan menulis sekarang, sehingga semua orang dapat melakukan cek apakah sudah posting atau belum. Eits, itu kalau peserta lain. Kalau cakmin ga mau dong hanya sudut pandang peserta saja, mengingat PJ (penanggung jawab) juga melakukan pendataan point lewat link tersebut. Akhirnya cakmin iseng-iseng menghitung nilai teman yang sedang berjuang bersama.

Sebelumnya sebagai catatan, cakmin tidak punya informasi bagaimana PJ melakukan pencatatan, apa saja rumusnya, bagaimana sistemnya, pembagian tugas PJ satu dan lainnya. Tapi karena cakmin orang yang lebih bisa menggunakan Google, sekaligus konten kreator hal ini bisa menjadi konten yang menarik dan bermanfaat bagi seluruh PJ yang ada di ODOP dan semua grup yang menggunakan sistem yang serupa.

Viola, hanya dengan waktu 30 menit untuk mempelajari aturan beserta mencari rumus excel dengan bantuan Google. Bisa jadi pada minggu depan karena sudah siap secara sistem, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan rekap lebih pendek lagi.

Dari proses perhitungan tersebut, seluruh poin dari peserta ODOP kelas blog sudah terlihat seperti yang cakmin singgung di atas. Namun untuk menampilkannya di artikel ini sepertinya butuh proses perijinan apakah boleh ditampilkan apa adanya atau boleh dengan syarat seperti di blur dls.

Langkah-langkah perhitungan

Di sini cakmin hanya sekedar memberi info tentang proses melakukan rekap selama satu minggu saja. Mulai tanggal 19 hingga tanggal 25 Oktober 2020 dan hal tersebut hingga muncul poin akhir dari nilai poin untuk menulis (karena ada poin event seperti dijelaskan sebelumnya)

  1. Membuka file sheet rekap laporan menulis
  2. Memilih data dari tanggal yang ditentukan
  3. Menyalin dan menempelkan pada program excel
  4. Mencari data duplikat pada kolom link
  5. Menghilangkan link yang dobel (bisa jadi dikira belum masuk, akhirnya laporan ulang)
  6. Membuat kolom baru Point 1 (untuk merekap ketepatan waktu 2 poin jika tepat dan 1 poin jika telat)
  7. Memberi rumus =IF(D2="Posting hari ini",2,IF(D2="Bayar Hutang",1,2))
  8. Membuat kolom baru Point 2 (untuk merekap nilai tugas, jika mengerjakan tugas nilai 2)
  9. Memberi rumus =IF(D2="Tugas",2,0)
  10. Membuat kolom baru Point 3 (untuk menjumlah poin 1 dan 2)
  11. Memberi rumus =H2+I2 atau juga bisa menggunakan sum
  12. Membuka tab sheet baru (atau bisa di sebelahnya jika tidak bingung), lalu insert pivot table (drag dari kolom nama hingga point 3)
  13. Di pilihan Pivot pilih/beri tanda cek pada variabel nama dan point 3 saja, kalau tidak setting otomatis, tempatkan nama di row dan point 3 di value.
  14. Mencari dan memberi tanda data yang lebih dari 16 (maksimal nilai) dan dibawah 13 (minimal lolos)

 Catatan yang perlu diperhatikan bagi PJ

  • Peserta ada yang dobel input (dihapus salah satu)
  • Peserta salah memasukkan kode tulisan antara posting hari ini dan bayar hutang tulisan (dicek dan pembetulan manual)
  • Peserta telat mengumpulkan tugas tetapi tidak ada kolom bayar hutang tugas (dicek dan pembetulan manual)
  • Peserta menulis lebih dari satu artikel di hari yang sama dan dilaporkan semua (dihapus salah satu)
  • Membayar hutang minggu sebelumnya (dipilih dan dihapus)

Catatan saran untuk form yang efisien.

Form yang sekarang sudah cukup, tetapi hilangkan kolom tugas karena dengan mengisi kolom untuk link tugas lebih mewakili. Sehingga hanya 2 pilihan tentang mewakili tepat waktu atau bayar hutang. Hal ini bertujuan agar PJ tidak bingung ketika melakukan rekap poin.

Penutup

Ternyata memang seru juga ketika kita dapat menemukan ketidak sempurnaan lalu memberi solusi untuk sistem itu menjadi lebih baik. Semoga hal ini dapat menjadi masukan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja PJ ODOP dan atau kegiatan yang menggunakan sistem yang sama.

Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

0 Comments