BLT Banpres UMKM Rp. 2,4 Juta Hingga Akhir November

By. TPj

 


Assalamualaikum Sobat Mikir sekalian, gimana kabarnya? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga (aamiin)

Sobat Mikir, kamu entrepreneur? Kalau iya, kamu berpotensi untuk bisa mengajukan program dari pemerintah yang satu ini loh. Nama programnya Bantuan Langsung Tunai untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (BLT UMKM).

Jadi, jika kamu termasuk pengusaha dan terkena dampak covid. Bisa dicoba untuk mengajukan program yang satu ini, karena nilai yang diberikan jika kamu di ACC sampai Rp. 2.400.000,- sangat besar kan? Parahnya lagi, uang segitu banyaknya sifatnya hibah dan proses pengajuannyua 100% gratis alias tanpa pungutan biaya sedikitpun.

Jangan pesimis kawan, karena kuotanya sangat besar. Hingga 12 juta penerima. Tinggal kita mau untuk mencoba mengajukan atau tidak. Syaratnya tidak ribet kok, asal kita tahu apa saja yang harus dicantumkan pasti mudah. Lengkapnya, cakmin sudah tulis semuanya di bawah.

Cakmin bisa tahu, karena hari Senin tanggal 2 November kemarin mengurus untuk pengajuan program ini. Walau sempat ada beberapa persyaratan yang berbeda dengan hasil browsing cakmin, mungkin perbedaan itulah yang ingin cakmin sampaikan di artikel kali ini agar dapat menjadi tolak ukur persiapan sebelum mengajukan berkas pendaftaran.

Persyaratan

Syaratnya sangat mudah sobat, asal kamu memenuhi kriteria di bawah ini. Berarti kamu layak untuk mencoba mengajukan di program satu ini.

  • Pelaku usaha
  • WNI
  • Punya Nomor Induk Kependudukan (NIK/No. KTP)
  • Tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan (contoh KUR)
  •  Tidak dari anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, Pegawai BUMN/BUMD

Cara

Karena dari informasi internet tidak sama dengan apa yang cakmin dapat ketika mengurus sendiri, berikut cara hasil proses pengurusan di lapangan (Kota Surabaya). Sobat harus mempersiapkan berkas sebagai berikut :

  1. Foto Copy KTP
  2. Foto Copy KK
  3. Foto ukuran 4R dari usaha
  4. Foto Copy Buku Rekening (halaman data pemilik, No. Rekening dll)
  5. Foto Copy Buku Rekening saldo terakhir (nilai saldo tidak boleh lebih dari 2 juta)
  6. Surat Pertanggungjawaban Usaha (Bisa didapat di Kecamatan atau download di sini)

Setelah semua berkas siap, sobat bisa mengumpulkan berkasnya di Kecamatan. Setelah itu kita tinggal tunggu sampai dihubungi atau kita dapat melakukan cek berkala di laman eform.bri.co.id/bpum

Keanehan

Walau ini hal yang sangat bermanfaat bagi UMKM, akan tetapi sangat aneh mengingat tidak banyak media yang memberitakannya. Cakmin hanya segelintir laman online yang memberi info ini dan tak pernah ada informasi di media televisi nasional. Apalagi sosialisasi dari pihak kelurahan/kecamatan untuk warganya yang memang terdampak.

Doa cakmin, semoga kita semua senantiasa dalam perlindungan Allah SWT. Dapat melewati pandemi ini dengan baik walaupun tak tahu kapan ujungnya. Semoga juga kita bisa berhasil mendapat satu kesempatan dari jutaan kesempatan yang ada. Tak hanya sekedar bertahan, tapi ktia bisa berkembang lebih baik walau di masa kurang kondusif.

Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

2 Comments

  1. Ibu saya jg mau dapat BLT. kemrin dihubungi pak RT buat melengkapi berkas, kang. Kemudian berkas itu dibawa ke kantor lurah..
    btw, ibu saya punya warung di rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, berarti ga semua oknum pejabat ga peduli. Semoga banyak oknum pejabat masyarakat yang peduli seperti pak RT tempat mas Dodo ini.

      Delete