Cara Baru Membaca Cerbung

Review Fitur Novel Chat Joylada

By. TPj

Assalamualaikum Sobat Mikir sekalian, gimana kabarnya? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga (aamiin)

Mungkin bagi sebagian dari sobat mikir sudah tahu tentang aplikasi ini, namun hal ini baru cakmin ketahui beberapa minggu lalu loh sob. Bagaimana tidak, cakmin yang terpaksa unduh aplikasi ini karena adanya cerbung berjudul miskin sebelumnya tayang di salah satu grup Facebook berganti aplikasi karena grup tersebut sudah dihapus.

Namun berkat keisengan cakmin akhirnya memencet salah satu tombol di aplikasi tersebut, dan tercengang dengan adanya cara membaca cerbung yang unik menurut cakmin. Belakangan akhirnya tahu nama fitur ini adalah Novel Chat.

Apa itu Novel Chat?

Novel chat atau jika diartikan bebas dalam bahasa Indonesia adalah novel dalam berbentuk chat. Iya bener sob, chat yang biasa kita gunakan tiap hari itu, bentuknya seperti itu. Jadi ada pengirim dan penerima (sebelah kanan dan kiri), dan ada keterangan (online, offline, last seen) juga pastinya ada chat atau berupa isi pesan antara pengirim dan penerima.

Dengan tampilan itu, kita seperti lagi baca chat percakapan orang loh sob, dan uniknya ada author yang sangat lihai dalam menggunakan fitur ini. Kita jadi bisa tahu jalan cerita hanya berbekal membaca chatting antara dua orang ini, mulai dari tokoh lain, kondisi tokoh hingga latar yang ada dalam cerita.

Untuk membaca chat/kalimat langsung awal maupun berikutnya, kita harus tap di dalam kotak yang telah disediakan. Namun jika kamu merasa terganggu, ada juga fitur tahan tap untuk menjalankannya secara otomatis dengan rate kecepatan keluarnya chat yang bisa diatur sesuai dengan kecepatan membaca kita.

Setelah menggali informasi lebih dalam, ternyata ada penulis lain yang menggunakan lebih bebas. Memanfaatkan mode keterangan sebagai narasi dan pengubahan nama dan foto profil yang tidak terpaku pada chat di Handphone melainkan mewakili kalimat langsung ketika mereka bertemu di satu tempat.

Kelebihan dan Kelemahan

Berikut cakmin rangkumkan beberapa kelebihan dan kelemahan fitur Novel Chat untuk sobat mikir sekalian.

Kelebihan

Pengalaman baru dalam membaca. Dengan adanya fitur ini, sebagai pembaca akan ada ketertarikan untuk mendalami bagaimana sensasi membaca sebuah chat yang berisikan cerita bersambung atau novel.

Pemakaian Mudah. Dengan adanya fitur tap, nama dan foto tokoh. Pembaca akan dimudahkan dalam membaca, tulisan tidak seluruhnya keluar dalam satu waktu, melainkan hanya yang akan dibacanya saja. Ditambah dengan fitur auto play, jika pembaca ingin keluar secara otomatis sudah disiapkan oleh aplikasinya.

Persaingan Minim. Karena masih baru dan bentuk paling umum adalah yang sekarang kita kenal, ini membuat persaingan minim, dan jika kita bagus dalam memanfaatkan fitur ini. Bisa jadi kita akan mudah menjadi yang terbaik di kelas ini, dan ini artinya lebih banyak pendapatan yang akan dihasilkan.

Kelemahan

Terbatas pada 2 tokoh dalam satu waktu. Ini awal yang cakmin pikirkan karena melihat versi awal dari cerita di fitur ini. Namun masih bisa berkembang jika konteksnya merupakan perwakilan dari percakapan langsung, bisa ada lebih dari 2 tokoh dengan penggambaran nama dan foto dari masing-masing orang yang berkomunikasi.

Akan terlihat aneh jika kalimat langsungnya terlampau panjang. Karena berbentuk chatting, baik memang konteksnya adalah sebuah chat maupun percakapan langsung, ketika terlalu panajang akan aneh. Kecuali per kalimat atau pemotongan kata dipisah seperti membaca chat yang umumnya tidak terlalu panjang.

Penutup

Gimana sob, keren mau coba fiturnya? Silahkan langsung unduh aplikasi Joylada untuk pengalaman yang tidak hanya cakmin saja yang me review. Kalau kamu menemukan hal yang berbeda boleh banget untuk kita diskusikan bersama di kolom komentar.

Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

0 Comments