Review Jujur, Pengalaman Menggunakan IDN App

By. TPj

 


Asalamualaikum Sobat Mikir sekalian, gimana kabarnya? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga (aamiin)

Sesuai dengan judul, cakmin akan mencoba untuk melakukan review tentang IDN App. Jadi IDN App ini adalah website yang berbentuk aplikasi untuk smartphone, bisa digunakan baik iPhone maupun android. Seperti layaknya portal untuk baca berita pada umumnya, IDN App berisi berbagai macam jenis berita, baik berupa liputan oleh jurnalis internal mereka, namun juga ada artikel dari pengguna.

Jujur, cakmin mencoba mengulas aplikasi ini karena tertarik untuk mencoba berkompetisi dalam kemampuan menulis di blog. Namun jika umumnya blogger peserta kompetisi mayoritas fokus untuk mengungkap kelebihan saja, di sini cakmin berusaha utnuk me-review secara jujur tentang aplikasi ini. Jika baik maka menjadi referensi sobat untuk ikut mendownload dan menggunakan aplikasi ini. Namun jika ada kelemahan, bisa menjadi masukan dan pertimbangan untuk developer dalam menciptakan produk yang lebih berkualitas.

Oke, tanpa panjang lebar lagi mari kita kulik satu persatu tentang IDN App ini ya sob.

Pengalaman saat membuka awal kali

Login

Setelah cakmin mendownload dari Playstore, cakmin diberi pilihan di awal untuk melakukan sign in (masuk) atau sign up (mendaftar) menggunakan tiga pilihan yang berbeda Facebook, Google atau email. Karena tidak mau ribet, cakmin memilih Facebook. Untuk hal ini sangat memudahkan pengguna yang tidak ingin ribet dalam mengisi data-data di awal.

Verifikasi Akun

Namun setelahnya, ternyata masih butuh nomor HP yang aktif untuk dikirimi kode verifikasi. Oke deh, cakmin masukkan eh ternyata ada kelemahan sob, selain proses kirim sms agak lama juga tidak bisa otomatis memverifikasi ketika ada sms masuk seperti marketplace dan aplikasi ojek online pada umumnya. Yah, gapapa deh cakmin isi manual. Mungkin aplikasi baru, sehingga butuh pengembangan lagi nantinya.

Tanpa Iklan

Berbeda dengan versi website yang sangat penuh dengan iklan (hampir di setiap tempat ada iklan, sampai bingung mau baca beritanya gimana), ternyata memang benar janjinya. Bahwa aplikasi ini hampir tidak ada iklan, kecuali mengiklankan programnya sendiri.

Pilihan News Feed

Lanjut setelah akun kita ter-verifikasi, kita akan masuk ke halaman tema berita yang kita inginkan masuk di news feed, oke cakmin memilih 4 dari 3 minimal pilihan. Dan viola, ternyata langsung disuguhi berita terbaru loh, terlihat dari tanggal posting artikelnya adalah hari ini.

Slider Banner

Ketika sudah masuk, kita akan ditampilkan di home screen yang menampilkan banner dan news feed di bawahnya. Dari banner yang ada, kita dapat melihat bahwa IDN App sedang mengadakan sayembara pada pengguna yang jika di ACC oleh editor, akan mendapat kompensasi berupa uang dan IDN Point.

Tab Akun

Nah, menarik ini ada uang tunai dan point. Langsung cek dong sebelah mana, ternyata ada di tab akun sob. Selain mencantumkan data umum kita dan IDN Point (yang otomatis nol karena baru buat akun), kita juga bisa melihat pertanyaan dan jawaban yang kita sampaikan, serta artikel baik yang ditulis, yang harus direvisi dan butuh di edit.

Sayangnya, tidak adan informasi dapat digunakan apa IDN Point ini dan bagaimana cara mendapatkannya di IDN App sendiri. Bahkan cakmin baru dapat informasi tentang point hasil dari googling dan mendapat jawaban di website lain.

Fitur Tanya Jawab

Tak hanya berita saja, ternyata ada fitur tanya jawab. Dimana pengguna bisa bertanya ke pengguna lain, sekaligus menjawab pertanyaan pengguna lain di IDN App. Namun, sepertinya belum terlalu banyak yang menggunakan aplikasi ini, sehingga dari beberapa pertanyaan yang cakmin baca tidak semua mendapat jawaban dari pengguna lainnya.

 

Itulah review jujur tentang aplikasi IDN App, semoga bisa memberikan gambaran bagi sobat mikir sekalian apakah akan meng-installnya atau tidak. Semoga bermanfaat.

 

Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

0 Comments