Review Keyboard Bluetooth taffware KM78D

Keyboard Bluetooth, Penyelamat nasib Penulis Digital tanpa Laptop

Assalamualaikum Sobat Mikir sekalian, gimana kabarnya? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga (aamiin)

 


“Permisiii~ Pakeeet” siapa sih yang ga girang pas denger ada suara mas-mas kurir datang bawa pesanan kita? Ini juga yang barusan terjadi sama cakmin sob, paket cakmin baru datang. Isinya Keyboard Bluetooth, dan postingan kali ini cakmin ketik pakai keyboard ini sob.

Jadilah sekalian aja cakmin buat artikel tentang review keyboard Bluetooth merk taffware tipe KM78D ini. Sebenernya gimana-gimana emang lebih enak ketik di PC atau laptop sih sob.

Gimana-gimana selain memang udah familiar, ukurannya juga lebih gede, sesuai banget sama jari cakmin yang ukurannya kaya jempol semua. Hihihi.

Tapi mau gimana lagi, laptop nya sedang dikuasai bojo. Karena emang urusan dia lebih penting sob, urusan undangan. Yang kemarin belum sempat selesai, eh udah main tambah baru aja orderannya barusan.

Sip lah, ikutan seneng kalau usaha bojo semakin maju. Kita maju sama-sama ya bojo, tar kalau kamu lebih banyak duitnya boleh dipinjem kan? Hihihi

Back to the topic, langsung aja yuk kita ulas gimana “keyboard (mini) Bluetooth” ini.

Identitas

  • Merk : taffware
  • Type : KM78D
  • Harga : ± Rp. 70.000
  • Dimensi : 20 x 12.5 x 0.6 cm
  • Kapasitas Baterai : 150mAh
  • Koneksi : Bluetooth V 3.0 (wireless)
  • Jumlah keys : 60pcs keystroke, 1 switch on-off, 1 Connecting key
  • Parts : Keyboard Bluetooth, Kabel USB (charge), buku petunjuk (berbahasa Jepang)
  • Compatible : Android, Laptop/PC, iOS (semua yang memiliki Bluetooth)

Cara Menghubungkan

  1. Switch On Keyboard
  2. Klik tombol CONNECT di Keyboard
  3. Di perangkat yang ingin gunakan, hidupkan bluetooth
  4. Masuk setting bluetooth
  5. Pair/Add New Device
  6. Pilih Bluetooth 3.0 Keyboard, Pair

Selamat kamu sudah bisa ketik pakai keyboard ini di Device kamu sob. Cakmin sudah mencoba menghubungkan di Xiaomi Note 4 dan Infinix Hot 8, dan semuanya lancar. 

Penggunaan di HP Android

 

Review Cakmin

Tata letak simbol yang berbeda

Dengan jumlah key button yang hanya 60pcs, hal ini membuat sang produsen berpikir keras untuk memasukkan semua tanda simbol yang umum digunakan dalam proses pengetikan. Akan tetapi juga tidak meninggalkan fungsi utama tombol ketik itu sendiri.

Dari segi posisi alfabet menggunakan sistem QWERTY sistem yang umum digunakan PC dan laptop di negara kita. Menjadi masalah adalah di penempatan simbol yang berbeda.

Cakmin memang mengetahui ada perbedaan antara keyboard PC dengan Laptop, namun cakmin sudah terbiasa di keduanya. Namun sepertinya harus membiasakan diri lagi karena

Slim seperti keyboard laptop

Alih-alih menggunakan sistem keyboard silicon, taffware menggunakan model yang mendekati keyboard laptop. Dimana tiap key tidak menjulang tinggi atau dengan ketebalan yang minimalis, sehingga ada sensasi seperti mengetik di keyboard laptop jika menggunakan KM78D ini.

Menurut saya ini menjadi nilai plus untuk model ini, karena totalitas menggunakan konsep “mini”nya mengadaptasi keyboard laptop untuk dijadikan sebagai desain tiap key yang ada di keyboard ini.

Ukuran mini & slim

Untuk segi ukuran, bisa masuk keunggulan di sisi portable/mudah dipindahnya. Kita sebagai pengguna akan sangat terbantu karena ukuran yang mini ini, karena mudah dibawa kemana-mana dan tidak memakan ruang yang besar.

Namun bukan berarti tak ada kekurangan, dengan ukuran mini dan slim ini juga cakmin berasa takut kalau membawa sembarangan. Karena besar potensi untuk dapat patah saat tertekan benda lebih berat dan kuat.

Seperti disinggung diatas juga, ukuran tangan cakmin yang mayoritas seukuran jempol membuat agak kesulitan dalam proses pembiasaan mengetik di keyboard mini. 

Perbandingan Ukuran Keyboard

Baterai tanam + USB port

Pertimbangan kedua setelah harga adalah variabel baterai tanam/recharegable inilah yang menjadi variabel penting dalam proses pemilihan keyboard kemarin. Cakmin juga punya mouse bluetooth menggunakan baterai AAA, jika digunakan untuk keperluan harian ternyata sangat boros. Bahkan menggunakan baterai lithium yang terkenal tahan lama.

Oleh karenanya, cakmin memilih yang dapat di charge ulang agar tidak boros untuk membeli baterai lagi. Tak disangka, ternyata keyboard ini sudah dilengkapi dengan fitur auto cut-off power (ditandai dengan mati indikator charege ketika penuh). Sehingga jika kita lupa charge baterai tidak akan meledak karena terlalu lama dalam proses charging.

Cordless

Dengan tanpa adanya kabel kita bisa menaruh dimanapun posisi HP dan posisi keyboard loh sob. Tak bingung lagi deh dengan problem kabel kusut saat masuk di dalam tas.

Autosleep

Agar menghemat baterai, ternyata ada fitur autosleepnya juga. Hal ini cakmin ketahui saat proses mengetik dan ditinggal urusan lain. Tak ada indikator sama sekali yang menyala, ternyata posisi sleep.

Penutup

Itulah review cakmin terhadap keyboard bluetooth taffware model KM78D ini, tidak hanya fokus pada kelebihan, cakmin juga menyampaikan sisi negatifnya secara objektif.

Semoga dapat membantu sobat mikir yang ingin membeli keyboard bluetooth kedepannya.

Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

2 Comments

  1. Wah, bisa dipakai buat hp juga yaa, membantu banget nih kalau lagi males buka laptop hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget sob. Bisa loh, bahkan kalau punya Android TV juga bisa.

      Delete