Suka Duka Tim Elite ODOP 8 Bagian 2

 


By. TPj

 

Assalamualaikum Sobat Mikir sekalian, gimana kabarnya? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga (aamiin)

<< Prev

Bagi yang belum sempat baca bagian 1, silahkan klik tombol di atas ya sob. Kali ini cakmin akan melanjutkan suka-duka menjadi Tim Elite ODOP 8 sekaligus memberi tips untuk sobat yang ingin bergabung dengan ODOP tahun depan dan secara sengaja atau terpaksa harus menjadi Tim Elite seperti cakmin.

Penuh dengan Adrenalin

Bayangkan ketika kita tak terbiasa menulis dan harus menyelesaikan tulisan selama 2 jam, itu seperti anak yang ga pernah olah raga harus berlari sejauh 10 Km. Pasti banyak jalannya kan? Jadinya bisa nyampai sih, tapi waktunya akan jadi sangat lama. Berbeda dengan yang sebelumnya sudah terlatih fisiknya, jarak seperti itu bukan apa-apa baginya. Entah pelaricepat atau marathon, akan berbeda waktu tempuhnya dengan yang bukan pelari.

Pun sama dengan penulis amatir, waktu dua jam menjelang deadline akan membuat jantung berdebar-debar diakibatkan rasa panik karena takut tidak bisa selesai tepat waktu karena sebenarnya butuh waktu yang jauh lebih lama dari itu. Di saat itulah hormon adrenalin terpompa dengan banyak membuat semua potensi diri menjadi lebih terbuka, namun di sisi lain akan membuat tingkat kehati-hatian dan atau ketelitian menurun.

Mungkin benar tulisan akan bisa selesai, tetapi secara kualitas bisa jadi tidak maksimal (paling tidak ini menurut cakmin sih). Selain akan ada typo, juga akan ada loncatan logika yang tak bisa diketahui karena mengerjakan secara terburu-buru dan yang paling parah adalah tujuan kita membuat tulisan tak tercapai hiks, sedih banget ini.

Minim Gangguan

Karena malam identik dengan istirahat, namun bagi cakmin hal ini menjadi waktu yang sangat produktif karena minimnya gangguan. Dikarenakan sebagai penulis amatir, gangguan akan menjadi penghalang yang cukup berdampak pada kualitas dan kecepatan untuk menulis sebuah artikel.

Sehingga di gelapnya malam inilah waktu yang harusnya lebih banyak untuk menyelesaikan sebuah artikel akan berkurang diakrenakan kefokusan yang berlipat jika dibandingkan dengan siang hari karena harus mengurus anak cakmin yang baru menginjak umur 1,5 tahun.

Gangguan sedikit = wasalam

Namun ga hanya sisi positif saja ya sob, ada loh sisi negatif jika kita masuk Tim Elite saat masuk camp ODOP. Dikarenakan saat camp, kita akan dituntut untuk senantiasa mendapat nilai 13 di tiap minggunya, jika kurang dari itu maka akan otomatis di depak dari ODOP dan baru bisa mencoba lagi di tahun depan (karena hanya 1 tahun sekali).

Karena sistem poin inilah, jika kita telat melakukan upload (melebihi pukul 23.59 WIB) maka akan mendapat poin 1 di hari itu, padahal jika tidak telat kita mendapat 2 poin. Nah serem kan? Soalnya cakmin pernah nih internet lagi galat pas mau upload dan laporan, juga pernah saking buntunya sampai baru nulis jam 23.30 nah otomatis deh ga bisa tepat waktu buat laporan dan akhirnya menjadi hutang.

Waktu Tidur Minim

Bergadang jangan bergadang, kalau tiada akhirnya (H. Rhoma Irama). Variabel terakhir ini berhubungan dengan masalah kesehatan, karena jika kita minim tidur akan membuat kita menjadiikan waktu istirahat kita lebih sedikit dibandingkan dengan ketika kita mengerjakan di waktu yang tidak mepet deadline.

Sebisa mungkin sobat punya waktu tambahan untuk istirahat, dikarenakan kurang tidur dalam jangka panjang akan membuat tingkat kepayahan fisik maupun psikis menjadi tinggi dan membuat pekerjaan apapun akan berkurang kualitasnya. Entah saat kita bekerja maupun saat kita menulis dan membuat turun kualitas tulisan kita.

Trik Point Penuh/Maksimal Tim Ăˆlite (versi cakmin)

Pesan ini ditujukan untuk calon anggota odop tahun depan (batch 9), jika memang harus menjadi tim Elite seperti cakmin maka tips ini bisa digunakan untuk tetap menulis dengan nilai yang maksimal dan tidak terdepak saat prosesnya.

Sebelum masuk ke tips, kita harus mengerti dulu ada urutan dalam menulis, mulai dari menentukan tema, menentukan target tulisan, membuat outline, mengumpulkan referensi hingga proses penulisan sampai terakhir adalah penambahan gambar agar tulisan kita lebih bagus dan lebih menarik pembaca untuk membaca lebih jauh.

Harus punya bank tema, bank tema digunakan agar kita tidak bingung mau nulis apa untuk hari ini, tinggal pilih salah satu jika ingin menulis. Cara mengumpulkannya sudah cakmin tulis dalam artikel cari masalah yuk!

Proses pra-menulis harus sudah ada sebelum waktu fokus mengerjakan, seperti cakmin bilang sebelumnya bahwa cakmin hanya punya waktu kurang lebih 2 jam untuk menulis, walau seringkali kurang dari itu. Namun masih bisa selesai tepat waktu karena sudah siap proses awalan hingga outlining sebelum 2 jam tersebut. Walau memang kadang outlining belum selesai, tetapi tidak benar-benar harus membuat outline dari awal.

Kalau sudah mepet upload saja, ingat hal ini digunakan setelah memang artikel kita sudah selesai ya sob, sehingga tinggal menambah gambar saja. Karena buat cakmin mempersiapkan gambar yang bisa digunakan sebagai thumbnail (perwakilan) tulisan butuh waktu juga. Sehingga jika tulisan kita sudah selesai ya upload saja dan copy link tulisan kita untuk masuk laporan tulisan harian.

Ingat, walau blog bisa di edit dan kita bisa mengelabuhi panitia/admin, ingatlah bahwa ada Allah yang maha mengetahui apa yang telah ktia lakukan termasuk kecurangan yang kita perbuat. Serta dampak negatif jangka panjangnya kita akan senantiasa menghalalkan segala cara (pragmatis) dalam bertindak bahkan walau memang hal tersebut hal yang jelas diharamkan bagi kita untuk melakukannya. Naudzubillahimindzalik.

Penutup

Itulah suka duka cakmin sebagai tim Elite, semoga bisa memberi inspirasi bagi anggota lain maupun calon anggota untuk tahun depan yang ingin juga bergabugn dalam komunitas ini. Semoga bermanfaat.

Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

0 Comments