Membangun Landing Page untuk Cerbung Bag. 2

Tutorial Membangun Landing Page untuk Cerbung

 By. TPj


Assalamualaikum Sobat Mikir sekalian, gimana kabarnya? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga (aamiin)



 

Setelah sebelumnya kita mengetahui fungsi Landing Page pada umumnya dan ternyata bisa dimanfaatkan untuk para blogger yang ingin membuat pajangan karya tentang cerita fiksi yang ingin ditampilkan menjadi lebih rapi. Sehingga harapannya tampilan blog kita tak kalah menarik daripada aplikasi cerbung yang sudah profesional lainnya.

Seperti yang cakmin janjikan kemarin, kali ini cakmin akan membahas tentang langkah-langkah yang sobat mikir butuhkan untuk membangun Landing Page bermodalkan apa yang ada di blogspot. Agar tidak terlalu lama, langsung kita masuk kepada langkah-langkah detailnya.

Cara Membuat Landing Page di Blogger/Blogspot

Merencanakan Peta Link / Link Tree

Karena cakmin mengasumsikan nantinya akan ada beberapa cerita, dan di tiap cerita bersambung tersebut memiliki beberapa bagian (tidak langsung habis) maka sebelum membuat desain User Interface (UI) / tampilan untuk pengguna, ada baiknya kita membuat gambaran secara umum bagaimana struktur dari landing page yang akan kita buat.

Berikut merupakan contoh dari peta link yang akan kita buat, agar tiap landing page tertata rapi, disini cakmin mencoba membuat 4 buah Landing Page, dimana tiap Page akan memuat beberapa informasi sesuai dengan tujuan masing-masing.

Penjelasan :

LP Utama : akan diisi tentang list dari seluruh cerbung yang kita punya.

LP Cerbung A : akan diisi daftar chapter yang ada di cerbung A

LP Cerbung B : akan diisi daftar chapter yang ada di cerbung B

LP Cerbung C : akan diisi daftar chapter yang ada di cerbung C

Ketika masuk dalam satu chapter, idealnya tiap chapter memuat link untuk chapter sebelumnya, chapter selanjutnya, list chapter (LP Cerbung A/B/C), dan list cerbung (LP Utama).

 

Mendesain Landing Page Utama

  1. Klik Pages di bagian Menu
  2. Klik New Pages
  3. Isi Judul sesuai dengan rencana di Peta Link (contoh : List Cerbung Karya Cakmin)
  4. Isikan kalimat pengantar atau apapun yang menurut sobat dapat menjadi ciri khas atau membangun semangat membaca dari calon pembaca kita.
  5. Masukkan sampul tiap-tiap cerbung yang ada
  6. Masukkan link dengan klik tanda link dan masukkan link ke landing page cerita yang diinginkan

 

Mendesain Landing Page Tiap Cerita

  1. Klik Pages di bagian Menu
  2. Klik New Pages
  3. Isi Judul sesuai dengan rencana di Peta Link (contoh : Cerbung A)
  4. Isi kalimat pengantar atau beri sinopsis atau kalimat pembuka yang menggugah keinginan untuk membaca
  5. Masukkan gambar dan atau kata mewakili chapter/bagian yang ada di cerbung tersebut
  6. Memasukkan link sesuai dengan chapter yang ada

Contoh Landing Page Latihan

Klik disini >> Landing Page Cerbung A La Kadarnya Cakmin <<

Optional Steps

Mempercantik Tampilan dengan Tampilan Kolom, karena ini sudah ada yang membuat tutorialnya silahkan klik laman berikut Cara Menata Gambar di Postingan Blog

Memasukkan Link Tree di Menu, menu blog adalah bagian di sebelah tombol home. Umumnya menu sangat dioptimalkan oleh website ternama, selain berguna untuk mengklasifikasikan label, menu juga membantu mempromosikan artikel lain yang kita miliki karena seperti miniatur dari link tree yang telah dibangun sebelumnya.

Berikut merupakan contoh menu yang dioptimasi dari website langganan cakmin gigapurbalingga(dot)net. Nantinya sobat bisa mengganti menu utama menjadi Cerbung, lalu mengganti bagian cabangnya dengan judul-judul cerbung yang sobat miliki.

 


Penutup

Semoga tutorial yang cakmin buat bisa bermanfaat untuk sobat mikir yang ingin membangun landing page yang akan digunakan untuk memajang karya cerita bersambungnya. Walau tidak dapat sebagus yang sudah ditangani secara profesional, kita masih bisa kok membuat fungsi yang sama.

Sebenarnya, akan lebih maksimal, jika sobat menggunakan website pembangun halaman web yang bebas bisa mengatur tata letak dari landing page seperti WIX(dot)com. Namun walau tampilannya akan sangat bagus dan menggugah pembaca khusus untuk landing page nya, akan tetapi untuk membaca cerita bisa kita lempar dengan menaruh link ke blog kita.

Tapi saran cakmin, ketika sobat mikir memang ingin fokus dalam dunia fiksi (cerita bersambung) sebaiknya langsung test pasar saja, dengan cara masuk ke website seperti joylada, storial, KBM App dan sejenisnya. Karena selain memang sudah berpotensi untuk mendapat keuntungan materi, yang lebih utama sobat mikir dapat feedback langsung dari pembaca, mengingat di sana memang berkumpul semua pembaca cerita bersambung.

Gimana menurut kamu artikelnya sob? Komen di bawah ya!
Kalau menurutmu bermanfaat. Silahkan Bagikan dengan klik salah satu logo di bawah ya!

Post a Comment

3 Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Mantep contohnya lengkap banget, ๐Ÿ‘๐Ÿ˜‚ trimss๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
  3. Makasih tutorialnya, Kak..
    Nanti bakal dicoba

    ReplyDelete